Laman Page

Wednesday, August 3, 2016

Cara Mengaktifkan Firewall untuk Keamanan Jaringan


Mengaktifkan Pengamanan Firewall

Pengertian firewall
                Firewall atau fire yang berarti api (dalam bahasa Inggris) dan wall yang berarti tembok (dalam bahasa Inggris) atau jika keduanya digabungkan menjadi “ TEMBOK API” merupakan istilah dalam dunia  security yang bentuk fisiknya dapat berupa Hardware maupun Software 

Fungsi Firewall
            Tujuan Firewall untuk membuat aturan yang berguna memberi izin (permit/allow) , penolakan (Deny) , peng-enkripsi-an (encrypt), dan mem-Proxy lalu lintas data di komputer antar domain yang berbeda dengan kata lain Firewall bertujuan mencegah hacker memasuki sistem komputer tanpa hak.
            Untuk melengkapi fungsinnya, Firewall memiliki Filter yang tidak akan mengizinkan materi-materi yang tidak terotorasi atau berpotensi menggangu sistem untuk memasuki sistem di komputer. Selain itu, firewall juga mencatat log-log yang merupakan upaya memasuki sistem. Sebuah firewall dapat memproteksi komputer dengan cara memeriksa setiap paket informasi yang lalu-lang di jaringan.  

Cara Kerja Firewall
            Firewall membaca alamat tujuan dari paket data jaringan. Firewall mengandung Rule yang menentukan alamat tuuan yang diperbolehkan dan alamat tujuan yang tidak diperbolehkan. Jika sebuah paket ditujukan atau datang dari alamat yang dilarang, maka firewall akan menghentikan paket tersebut. Maupun jika alamat sudah valid namun portnya dicurigai atau berasal dari port yang dilarang maka firewall akan menghentikan paket tersebut.

Manfaat penggunaan firewall
            Dengan adanya penyeleksian paket-paket data pada lalu lalang pada lalu lintas , maka firewall dapat digunakan sebagai upaya pencegahan dari ancaman paket data yang tidak diketahui maupun hacker yang menerobas masuk ke sistem melalui jaringan data.

Macam-macam Firewall
1.isafer
2. FirewallPAPI
3. Windows Firewall

Mengaktifkan Windows Firewall
                Windows firewall merupakan  firewall bawaan dari windows.
Cara mengaktifkan widows Firewall sebagai berikut :
  • ·         Masuk ke menu start
  • ·         Masuk ke menu control panel
  • ·         System and security
  • ·         Windows firewall
  • ·         Klik Advanced Setinggs
  • ·         Setelah muncul jendela Windows firewall with advanced security
  • ·         Klik inbounds rules
  • ·         Klik bagian aplikasi dan pilih enable rules jika rule belum diaktifkan
  • ·         Atau disable rules jika ingin menonaktifkannya
  • ·         Anda juga bisa membuat rule baru di new rules

No comments: