Laman Page

Saturday, August 6, 2016

Tips menyimpan buah dan sayuran agar tahan lama



Tips menyimpan buah dan sayuran agar tahan lama

                Mengapa saat menyimpan buah di kulkas buah yang dimasukkan ke kulkas malah cepat membusuk bahkan rasa manis dari buah justru berkurang, bukannya menjadikan buah lebih segar.

Nah seringkali kita bertanya seperti itu , pada beberapa buah ataupun sayurang terdapat kandungan zat ethylene . Zat ini merupakan hormon tumbuh yang diproduksi dari hasil metabolisme normal dalam tanaman. Etilen berperan dalam pematangan buah dan kerontokan daun . Nah zat ini lah yang menyebabkan pematangan buah lebih cepat walaupun buah telaj di petik namun zat ini masih bekerja. Dan pada saat buah ataupun sayuran yang mengandung zat ini disimpan dengan buah atu sayuran yang tidak terdapat zat ini. Buah dan sayuran lain pun akan melakukan pematangan buah dengan lebih cepat sehingga buah dan sayuran cepat membusuk.

Lalu bagaimana caranya supaya buah dan sayuran yang disimpan akan bertahan lama , berikut beberapa tips untuk menyimpan buah dan sayuran agar tahan lama.

1.       Buah Kiwi dan Alpukat
Kedua buah ini jangan disimpan di kulkas sampai kedua buah ini benar-benar matang pada suhu ruangan. Agar kandungan buah mendapatkan hasil terbaik, setelah buah ini matang pada suhu ruangan barulah keduanya di masukkan ke kulkas

 
Alpukat



2.       Semangka
Pada buah semangka terdapat zat ethylene . jadi walaupun semangka ini enak dimakan pada saat keadaan dingin jangan biarkan buah ini disimpan berdekatan dengan buah yang tidak mengandung zat ethylene seperti buah Apel supaya buah yang tidak mengandung zat etylhene ini tidak cepat membusuk , dan berubah menjadi lembek.

Semangka


3.       Pisang
Seperti halnya semangka buah pisang pun mengandung zat ethylene. Jadi jauhkan juga buah pisang dari buah yang tidak mengandung zat ethylene supaya buah lain tidak cepat membusuk.

 
Pisang

4.       Sayuran
Jangan biarkan penyimpanan sayuran seperti Mentimun ,Cabai, Brokoli, Kacang-kacangan hijau ( kacang panjang, buncis, dll.) disimpan berdekatan dengan buah yang mengandung zat ethylene. Zat ethylene akan membuat jenis sayuran ini cepat membusuk.

Sayuran


5.       Pir dan Persik
Untuk kedua jenis buah ini jangan disimpan ke dalam kulkas , cukup simpan buah ini pada suhu ruang normal supaya rasa manis pada buah ini tidak berkurang. Jika diletakkan pada suhu dingin kedua buah ini akan mengalami penurunan rasa manis.

Buah Persik


Nah itulah beberapa tips cara menyimpan buah dan sayuran agar tidak cepat membusuk

No comments: